PENGUATAN KELAS LITERASI MENULIS, MAN 1 GRESIK HADIRKAN TIM PENERBIT NLC MEDIA

PENGUATAN KELAS LITERASI MENULIS,

 MAN 1 GRESIK HADIRKAN TIM PENERBIT NLC MEDIA

 

 

 

Kamis, 7 November 2019, sebagai bentuk program penguatan keterampilan menulis, kelas literasi menulis MAN 1 Gresik mendatangkan pemateri dari luar yakni pihak penerbitan NLC Media. Penerbit yang berpusat di Sidoarjo tersebut sejatinya pernah bekerja sama dengan MAN 1 Gresik pada tahun pertama penerbitan. Saat itu Dr. Musfiqon, M.Pd selaku CEO NLC media hadir langsung dan memberikan materi terkait kepenulisan kepada angkatan pertama kelas literasi menulis.

Pada kesempatan ini, NLC Media mengirimkan dua orang yakni Kak Rizqi dan Kak Nia selaku editor penerbit NLC Media. Kegiatan tersebut tidak hanya dilaksanakan dalam satu pertemuan, namun kegiatan tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu satu bulan dengan 4 kali pertemuan. Artinya siswa kelas literasi menulis dibina satu minggu sekali dalam kurun waktu satu bulan, dan setiap minggunya, siswa diberikan tugas untuk diselesaikan dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Materi yang disampaikan meliputi inspirasi dalam penulisan, penuangan ide dalam tulisan, serta tata lay out pada saat buku yang ditulis akan naik cetak. Siswa juga dimotivasi agar tidak menyerah dalam menulis. Kebuntuan dalam menulis adalah hal biasa, yang terpenting adalah semangat untuk menulis tidak pernah padam. Banyak penulis yang tulisan awalnya sangat jelek, namun karena terus diasah, lama kelamaan tulisannya menjadi baik dan bernilai jual tinggi.

Pemateri pun mengisahkan banyak penulis hebat yang pendapatannya hingga milyaran. Seperti Andrea Hirata yang royalti hasil tulisannya mencapai 3,5 Milyar, Habiburrahman yang royaltinya mencapai 2,2 milyar dan masih banyak penulis lainnya yang sukses. Intinya, ketika seseorang telah menyukai dan mahir dalam dunia penulisan, maka pendapat fantastis akan datang dengan sendirinya.

Ibu Hj. Masfufah, M.Pd kepala MAN 1 Gresik menyampaikan bahwa program literasi menulis sudah berlangsung sejak tahun 2016, dan tahun ini merupakan program pada tahun yang ke-3. Beliau berharap kepada siswa kelas literasi menulis, bahwasannya keterampilan menulis itu tidak hanya diasah ketika duduk di bangku MAN 1 Gresik. Keterampilan menulis yang telah dimiliki siswa harus terus dikembangkan setelah lulus, bahkan harus ditularkan pula kepada adik kelas maupun orang di sekitarnya. Sehingga kegiatan literasi menulis dapat membudaya di kalangan masyarakat. Kegiatan  tersebut pun ditutup dengan penyampaian doa oleh Drs. H. Abdus Salam, M.Sc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *