TERAPKAN PROGRAM MADRASAH LITERAT MA DARUT TAQWA STUDI BANDING KE MAN 1 GRESIK

TERAPKAN PROGRAM MADRASAH LITERAT MA DARUT TAQWA STUDI BANDING KE MAN 1 GRESIK

 

 

Gresik, Jumat 11 Oktober 2019. MAN 1 Gresik kedatangan tamu istimewa dari MA Darut Taqwa Pasuruan. Kedatangan madrasah tersebut dalam rangka studi banding program literasi yang telah diselengarakan di MAN 1 Gresik. Rombongan  yang berjumlah 25 orang terdiri atas kepala madrasah, wakil kepala dan guru tersebut hadir di MAN 1 Gresik pukul 06.15 menit. Kehadiran mereka langsung disambut oleh kepala MAN 1 Gresik dan Tim Literasi MAN 1 Gresik untuk diarahkan menuju ruang kepala madrasah.

Di ruang kepala madrasah, rombongan dari MA Darut Taqwa berbincang-bincang dengan Ibu Hj. Masfufah, M.Pd. pembicaraan fokus pada penerapan program literasi yang telah berjalan selama 4 tahun di MAN 1 Gresik. Setelah itu tim dari MA Darut Taqwa diarahkan untuk menuju ruang literasi untuk melihat program kelas literasi menulis dan beberapa tim Literasi MA Darut Taqwa menuju kelas-kelas untuk memantau dan mengamati langsung proses program literasi tersebut yang dilaksanakan selama 30 menit sebelum KBM berlangsung.

Tim Literasi MA Darut Taqwa melihat langsung proses kegiatan literasi di tiap kelas. Nampak beberapa tim literasi MA Darut Taqwa Pasuruan mengambil gambar dan melihat hasil karya siswa program literasi reguler. Karya tersebut meliputi narasi pengalaman pribadi, keterampilan menulis surat dll.

Berbeda  dengan di ruang literasi, tim Literasi MA Darut Taqwa diberikan kesempatan untuk melihat-lihat hasil karya siswa yang telah diterbitkan dalam bentuk buku baik itu fiksi maupun nonfiksi. Total siswa-siswi MAN 1 Gresik telah menciptakan buku sejumlah 96 karya dalam kurun waktu 4 tahun. Selain mengamati berbagai karya buku dari siswa-siswi MAN 1 Gresik, tim Literasi MA Darut Taqwa juga diberikan kesempatan untuk mendengarkan pemaparan dari tim Literasi MAN 1 Gresik yang disampaikan oleh Dra. Purwatini dan Rosda salah satu siswa MAN 1 Gresik yang telah menulis dua karya buku fiksi. Pemamaparan tim Literasi MAN 1 Gresik seputar program literasi dan program treatment agar siswa yang tergabung dalam literasi menulis memiliki kemaun tinggi untuk menulis dan melahirkan karya untuk dipubilkasikan.

Rosda selaku perwakilan siswa dalam kelas literasi menulis, mengishkan banyak hal yang didapatkan dalam program ini. Selain motivasi dalam menulis. Ia juga belajar bagaimana pentingnya membaca yang sangat berkorelasi dengan karya yang diciptakan. Maka, membaca dan menulis ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.

Tim Literasi MA Darut Taqwa juga tampak antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Tim Literasi MAN 1 Gresik. Terutama dalam hal kurikulum literasi yang harus disusun secara mandiri. Dra. Purwatini pun menyatakan bahwa kurikulum yang diterapkan dalam program literasi MAN 1 Gresik didasarkan atas landasan fundamental literasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Artinya kurikulum literasi harus sesuai dengan kevbutuhan siswa dan sesuai dengan perkembanagn zaman, sehingga hasil dari program literasi ini selanjutnya harus dapat memberikan bekal kemampuan berliterasi yang baik bagi siswa MAN 1 Gresik. Selain itu literasi pun tidak hanya pembiasaan, namun literasi juga harus mampu membentuk karakter siswa MAN 1 Gresik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *